Kamis, 24 Juli 2008

tugas Italia niiy

Tentang Il Carnivale Di Venezia

  • Tentang Venezia

Nama Venezia pastilah sudah tak asing lagi di telinga kita semua. Sebuah kota tua yang sangat eksotis di negara Italia, dikelilingi bangunan-bangunan kuno yang masih kokoh berdiri di sepanjang sungai yang sangat indah. Tak heran jika kota Venezia disebut sebagai kota air dengan perahu khas sebagai alat transportasi mereka yang dinamakan gondola. Kota ini pun menjadi salah satu tujuan wisata favorit di Italia karena keeksotisan dan kesan romantisnya.

  • Tentang Il Carnivale

Selain gondola, ada satu perayaan yang sangat saying untuk dilewatkan jika kita berkesempatan mengunjungi Venezia. Perayaan tersebut dikenal dengan nama Il Carnivale Di Venezia.

Jika dilihat dari segi etimologi, kata carnivale berasal dari bahasa Latin yang mengandung arti “perpisahan dengan dedagingan”. Dengan kata lain, carnivale adalah suatu pesta yang digelar oleh penganut Katolik Roma sebelum mereka menjalani puasa daging ketika akan memasuki perayaan Paskah. Dengan demikian, suatu carnivale tidak hanya digelar di Italia, khususnya di Venezia saja tetapi juga digelar hampir di setiap negara yang rakyatnya menganut agama Katolik Roma.

Jika di Amerika ada karnaval Bunga Pasadena di mana setiap peserta wajib mengenakan kostum yang terbuat dari berbagai jenis bunga berkeliling kota di atas kendaran yang juga dihiasi oleh bunga-bunga maka di Italia, ada Il Carnivale Di Venezia.

Il Carnivale Di Venezia adalah suatu pesta rakyat yang digelar di sepanjang jalan-jalan di kota Venezia yang diikuti baik oleh penduduk lokal maupun wisatawan asing yang mengenakan kostum warna-warni serta maschera sebagai aksesoris wajib dalam perayaan tersebut.

Dahulu kala, di masa kejayaan Venezia tahun 1700, Carnivale diawali pada tanggal 26 Desember dan berakhir pada perayaan Rabu Abu, di mana seluruh rakyat Venezia tumpah ruah ke jalan-jalan, memakai topeng dan berpesta pora. Suasana pesta rakyat tersebut biasanya terus berlanjut sampai musim semi. Hingga pada suatu waktu, pesta pora yang tak kunjung usai itu pun menghantarkan Venezia, yang pada masa itu masih berdiri sendiri sebagai sebuah Republik tersebut, sampai kepada jurang kehancurannya karena ditaklukan oleh pasukan Napoleon Bonaparte pada tahun 1797.

Di masa kini, Il Carnivale Di Venezia setiap tahunnya diselenggarakan dari tanggal 26 sampai tanggal 28 Februari di sepanjang jalan-jalan di kota Venezia. Adapun pesertanya terdiri dari berbagai kalangan, tua-muda, pria-wanita, miskin-kaya, lokal ataupun pendatang semuanya berbaur satu sama lain, bernyanyi, berdansa, dan berpesta pora selama tiga hari.

  • Tentang Maschera

Seperti yang telah diungkapkan dalam penjelasan sebelumnya maschera atau topeng merupakan salah satu bagian terpenting yang wajib dikenakan oleh setiap peserta yang menghadiri Il Carnivale Di Venezia.

Dalam tradisi kebudayaan masyarakat Venezia, pemakaian maschera merupakan warisan turun-temurun dari leluhur mereka yang dikenakan pada hari-hari atau bulan-bulan terrtentu dalam hitungan kalender masehi. Mereka akan memakai maschera pada Hari Santo Stefano, yang menandai dimulainya rangkaian Il Carnivale Di Venezia selama tiga hari hingga tengah malam di hari terakhir perayaan.

Dalam aktivitas kebudayaan ini, pemakaian maschera oleh setiap pesertan Il Carnivale Di Venezia menyiratkan suatu makna, yaitu untuk menghapuskan perbedaan-perbedaan yang ada di antara mereka. Dengan memakai maschera, seseorang tidak akan mengetahui siapa, bagaimana rupa, dan dari kelas sosial mana peserta yang lain berasal, begitu juga sebaliknya.

Adapun jenis dan motif atau model maschera yang dikenakan oleh para peserta itu sangatlah beragam. Di antaranya ada yang memakai kostum tradisional rakyat Venezia lengkap dengan tata rias, aksesoris tubuh, dan tentu saja maschera. Selain itu, ada pula yang memakai kostum kupu-kupu, Quartet, Il Capitano, Mattacino, Arlecchino, bahkan ada juga yang memakai kostum sesuai dengan tokoh-tokoh atau karakter-karakter dalam sebuah film. Sebagai contoh, ada peserta yang memakai kostum tokoh utama film “Brave Heart”.

  • Tentang Gambar

Berikut ini adalah gambar-gambar yang diambil dari suatu penyelenggaraan Il Carnivale Di Venezia.





Sakti-2007

Tidak ada komentar: