Kamis, 24 Juli 2008

blah blah blah

Ada begitu banyak hal yang tak saya mengerti dalam hidup, di antaranya:

  1. mengapa para pejabat masih saja korupsi padahal sudah dibayar mahal untuk kerja mereka?

  2. mengapa pelayanan kesehatan bagi orang miskin di negara ini sangat rumit padahal orang miskin adalah juga masyarakat Indonesia yang berhak atas pelayanan kesehatan yang baik dan layak?

  3. mengapa pendidikan kian mahal sehingga semakin sulit dijangkau oleh anak2 miskin padahal mereka juga bagian dari generasi muda yang kelak menjadi pelaku kehidupan bangsa ini?

  4. mengapa para perempuan pekerja seks selalu berada dalam posisi yang salah dan selalu mendapat opini publik sebagai seseorang yang buruk bahkan tak bermoral padahal saya yakin mereka punya alasan kuat sehingga memilih jalan itu?

  5. mengapa seorang perempuan yang menerima kekerasan, baik verbal, fisik, maupun seksual dari pasangannya sangat sulit untuk melapor?

  6. mengapa seorang istri yang baik dan sehat harus menanggung beban dan penderitaan terkena HIV/AIDS karena gaya hidup suaminya di luar rumah?

  7. mengapa Bush begitu terobsesi dengan Bin Laden?

  8. mengapa Suu Kyi begitu gigih memperjuangkan apa yang diyakininya hingga rela dikurung selama bertahun2 dan terpisah dari keluarganya? Dan.. masih banyak lagi yang tak saya mengerti dalam hidup ini…

Ya.. barangkali benar apa yang dikatakan Jajang C. Noer dalam salah satu dialognya di film Biola Tak Berdawai “hidup adalah teka-teki yang membingungkan”. Ya.. dan saya pun teringat akan perkataan ayah saya “setiap orang yang kita temui di dunia ini bersembunyi di balik topengnya masing-masing”. Lalu... apa sebab hidup ini menjadi terasa amat membingungkan?? Apa sebab setiap orang (termasuk saya dan anda barangkali) bersembunyi di balik topeng?? Lagi-lagi… sebuah teka-teki yang membingungkan, bukan??

-kagayaku-

Tidak ada komentar: