Rabu, 28 Mei 2008

perkara Hidup


Suatu hari.. seorang teman menghampiri saya dan bertanya “apa arti hidup untuk anda?”… wow! Sebuah kalimat tanya sederhana namun sarat akan makna, dan cukup sulit bagi saya untuk menjawabnya. Cukup ilmu dan pengalamankah saya untuk mengomentari perkara “hidup dan kehidupan”?...
Demi kepuasan diri sendiri dan demi memuaskan teman saya, serta secercah harapan demi memuaskan siapa saja yang membaca tulisan saya ini pun, maka saya mencoba memikirkan, mencari, menimbang beberapa hal untuk saya tuliskan sebagai jawaban atas pertanyaan tadi.
Dalam keyakinan saya, adalah TUHAN yang dengan kuasa-Nya yang tak terhingga mampu menciptakan hidup (dan juga mati) bagi makhluk-Nya. Untuk itu, adalah berkat yang tak terhingga bahwa TUHAN telah menghadirkan kehidupan dalam hidup saya hingga di usia hampir ¼ abad sekarang ini. Dan, adalah kasih TUHAN yang tak terhingga bahwa saya hidup di antara nikmat dan cobaan yang TUHAN hadirkan dalam kehidupan saya. Akhirnya, adalah jua kuasa-Nya bahwa suatu hari yang adalah rahasia besar-Nya, TUHAN akan menarik kembali hidup dari kehidupan saya lalu menggantinya dengan kematian.
Dalam “perjalanan”, saya menemukan bahwa masalah, permasalahan, perkara, soal, persoalan adalah jua nafas yang menyertai denyut kehidupan setiap makhluk TUHAN yang berakal. Dalam “permasalahan”, saya menemukan pilihan, untuk menghadapi masalah atau lari dari masalah. Dalam “memilih pilihan”, saya menemukan risiko, risiko untuk mendapatkan hikmah/pelajaran hidup yang akan menjadikan kita lebih kuat dalam menjalani kehidupan atau risiko untuk menjadikan kita manusia yang lemah dalam menjalani kehidupan. Dalam “risiko”, saya menemukan 2 hal, keberanian dan ketakutan, keberanian untuk mengambil risiko atau justru ketakutan akan risiko itu sendiri. Akhirnya, saya menemukan bahwa dalam setiap ”hal” yang saya temukan selalu berujung pada hal “pilihan” dan “memilih”.
Jadi, kembali ke pertanyaan seorang teman tentang apa arti hidup tadi… Bagi saya, hidup berarti berani mengambil setiap risiko dari setiap pilihan yang dipilih dalam setiap masalah yang ada dalam kehidupan.
Sakti

Tidak ada komentar: